Selasa, 26 Februari 2013

Sasaran Kerja Individu ( pengganti DP3 )

altDaftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan yang biasa dikalangan pegawai dikenal dengan DP3 tidak lama akan diganti dengan SKI. Perubahan sistem penilaian dari DP3 menjadi SKI disebabkan karena DP3 dinilai kurang obyektif dalam memberikan penilaian terhadap pegawai.
“Sasaran Kerja Individu (SKI) yang telah disusun dan disetujui bersama antara atasan langsung dengan PNS yang bersangkutan, ditetapkan sebagai kontrak prestasi kerja, selanjutnya pada akhir tahun SKI tersebut digunakan sebagai standar/ukuran penilaian prestasi kerja” tutur Edy Topo Ashari selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara pada saat menyampaikan materi K2TLHP di Hotel Mercure Jakarta.
Penilaian Prestasi Kerja merupakan alat kendali agar setiap kegiatan pelaksanaan tugas pokok oleh setiap PNS, selaras dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam Renstra dan Renja Organisasi.
Beliau juga menyinggung tentang assessment centre, yaitu sebuah database system berbasis IT tentang penilaian pegawai secara akademis yang mempunyai standar. “bagi yang bingung memilih pejabat dapat meminta rekomendasi di BKN berdasarkan assessment centre” ujarnya.
“Penggunaan IT juga harus dimaksimalkan dalam peningkatan pengelelolaan dan kinerja pegawai” kata beliau. Saat ini sedang dibangun system smart carddimana setiap pegawai mempunyai satu Kartu Pegawai Elektronik yang berfungsi di samping sebagai kartu identitas pegawai dapat juga berfungsi untuk menggunakan layanan perbankan, asuransi kesehatan, taspen, taperum dan aktivitas transaksi merchant serta fungsi-fungsi lain dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, serta pendukung profesionalisme Pegawai Negeri Sipil.

1 komentar:

  1. DP3 memang kurang menjamin penilaian hasil pekerjaan seorang PNS selama setahun, benar2 mencapai target yang di inginkan oleh instansinya

    BalasHapus